Sistem Informasi & Manajemen Puskesmas Kedu (Simpus
Kedu)
Saat ini Puskesmas Kedu menggunakan Simpus Kedu V.7
yang merupakan pengembangan dari Simpus Kedu sebelumnya. Dibandingkan dengan
versi sebelumnya, Versi 7 akan lebih mudah diadaptasikan apabila dipakai oleh
Puskesmas lain yang memiliki data dasar yang berbeda.
Simpus Kedu V.7 masih tetap menggunakan aplikasi
Microsoft Excell 2007 untuk semua jenis kegiatan input data, pengolahan data
dan penyajian datanya. Simpus ini terdiri dari 3 file yaitu :
1.
Simpus Kedu V.7-Terpadu
Simpus ini digunakan untuk input data yang di “share” ke
komputer di Loket Pendaftaran, Poliklinik, Apotik dan Ruang Administrasi. Data
yang dimasukkan ke dalam Simpus ini adalah :
a.
Identitas Pasien
b.
Jenis Kunjungan
c.
Jenis Pelayanan
d.
Jenis Kasus
e.
Diagnosis
f.
Tindakan
g.
Obat Yang Diberikan
Komputer di Loket Pendaftaran akan mengisi Identititas Pasien,
Jenis Kunjungan dan Jenis Pelayanan. Komputer di Poliklinik akan mengisi Jenis
Kasus, Diagnosis dan Jenis Tindakan. Komputer di Apotik akan mengisi jenis dan
jumlah Obat yang diberikan. Sedangkan Komputer di Ruang Administrasi digunakan
untuk mengisi hasil pelayanan di Luar Gedung, Puskesmas Pembantu dan PKD yang
mencakup semua input data yaitu Identitas Pasien, Jenis Kunjungan, Jenis
Pelayanan, Jenis Kasus, Diagnosis, Tindakan dan Obat yang diberikan.
Tampilan Simpus Kedu V.7-Terpadu adalah sebagai berikut :
LOKET
PENDAFTARAN
APOTIK
POLIKLINIK
LUAR
GEDUNG
2.
Simpus Kedu V.7-Poliklinik
Simpus ini digunakan untuk mengolah database yang ada di
Simpus Kedu V.7-Terpadu menjadi bentuk laporan yang dibutuhkan sesuai dengan
permintaan Dinas Kesehatan Kabupaten Temanggung. Selain itu juga digunakan
untuk menampilkan grafik hasil kegiatan.
3.
Simpus Kedu V.7-Apotik
Simpus ini digunakan untuk mengolah data Obat di database
yang ada di Simpus Kedu V.7-Terpadu menjadi bentuk Laporan Penggunaan Obat.
Simpus ini juga memungkinkan untuk menghubungkan antara diagnosis dengan
penggunaan obatnya.
Simpus ini masih terus dikembangkan untuk menghilangkan atau
mengurangi hambatan yang ditemukan dalam penggunaan simpus ini, sampai didapatkan
Simpus yang ideal yaitu mudah digunakan tapi lengkap informasi yang dihasilkan.
Boleh saya sarankan, untuk mengelola database dengan akses yang lebih cepat bisa menggunakan sintax mysql yg ada di ms. access, dan aplikasi untuk memasukkan database bisa dibuat dengan menggunakan microsoft visual basic enterprise. Saran ini di publish oleh Fuad Nur Hasan >> Bina Sarana Informatika Jakarta
BalasHapusPro AsamMasnisKu : Terima kasih banyak atas saran dan masukannya.. kami akan berusaha untuk belajar program mysql. Memang kami rasakan pemakaian Ms Excell untuk pengolahan database yang besar adalah sangat lambat..
BalasHapuspengmbangan kinerja puskemas dapat di bantu dengan exel lebih mantap lagi kalau pake acces , :) sukses selalu untuk puskesmaskedu
BalasHapusmas minta aplikasinya ya...?
BalasHapussigitmiko@gmail.com
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh..Bisa minat tolong share aplikasiNya untuk keperluan laporan.bisa dikirim ke putrapetirr89@gmail.com
BalasHapusAssalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh..Bisa minat tolong share aplikasiNya untuk keperluan laporan.bisa dikirim ke uptpkmbungsel@gmail.com
BalasHapusAssalamualaikum... boleh saya dikirimkan aplikasinya untuk registrasi pasien di puskesmas... desiandrianovita@gmail.com terimakasih
BalasHapusAssalamualaikum... boleh saya dikirimkan aplikasinya untuk registrasi pasien di puskesmas... maisunah715@gmail.com
BalasHapus