Puskesmas Kedu Jl. Raya Kedu No. 4 RT 06 RW II Kecamatan Kedu Kabupaten Temanggung Jawa Tengah Kode Pos 56252 Telpon : (0293) 4902285

Senin, 22 Oktober 2012

Simpus Kedu V.7


Sistem Informasi & Manajemen Puskesmas Kedu (Simpus Kedu)
Saat ini Puskesmas Kedu menggunakan Simpus Kedu V.7 yang merupakan pengembangan dari Simpus Kedu sebelumnya. Dibandingkan dengan versi sebelumnya, Versi 7 akan lebih mudah diadaptasikan apabila dipakai oleh Puskesmas lain yang memiliki data dasar yang berbeda.
Simpus Kedu V.7 masih tetap menggunakan aplikasi Microsoft Excell 2007 untuk semua jenis kegiatan input data, pengolahan data dan penyajian datanya. Simpus ini terdiri dari 3 file yaitu :
1.      Simpus Kedu V.7-Terpadu
Simpus ini digunakan untuk input data yang di “share” ke komputer di Loket Pendaftaran, Poliklinik, Apotik dan Ruang Administrasi. Data yang dimasukkan ke dalam Simpus ini adalah :
            a.       Identitas Pasien
            b.      Jenis Kunjungan
            c.       Jenis Pelayanan
            d.      Jenis Kasus
            e.       Diagnosis
            f.       Tindakan
            g.      Obat Yang Diberikan
Komputer di Loket Pendaftaran akan mengisi Identititas Pasien, Jenis Kunjungan dan Jenis Pelayanan. Komputer di Poliklinik akan mengisi Jenis Kasus, Diagnosis dan Jenis Tindakan. Komputer di Apotik akan mengisi jenis dan jumlah Obat yang diberikan. Sedangkan Komputer di Ruang Administrasi digunakan untuk mengisi hasil pelayanan di Luar Gedung, Puskesmas Pembantu dan PKD yang mencakup semua input data yaitu Identitas Pasien, Jenis Kunjungan, Jenis Pelayanan, Jenis Kasus, Diagnosis, Tindakan dan Obat yang diberikan.
Tampilan Simpus Kedu V.7-Terpadu adalah sebagai berikut :

LOKET PENDAFTARAN

APOTIK


POLIKLINIK


LUAR GEDUNG


2.      Simpus Kedu V.7-Poliklinik
Simpus ini digunakan untuk mengolah database yang ada di Simpus Kedu V.7-Terpadu menjadi bentuk laporan yang dibutuhkan sesuai dengan permintaan Dinas Kesehatan Kabupaten Temanggung. Selain itu juga digunakan untuk menampilkan grafik hasil kegiatan.

3.      Simpus Kedu V.7-Apotik
Simpus ini digunakan untuk mengolah data Obat di database yang ada di Simpus Kedu V.7-Terpadu menjadi bentuk Laporan Penggunaan Obat. Simpus ini juga memungkinkan untuk menghubungkan antara diagnosis dengan penggunaan obatnya.

Simpus ini masih terus dikembangkan untuk menghilangkan atau mengurangi hambatan yang ditemukan dalam penggunaan simpus ini, sampai didapatkan Simpus yang ideal yaitu mudah digunakan tapi lengkap informasi yang dihasilkan. 

9 komentar:

  1. Boleh saya sarankan, untuk mengelola database dengan akses yang lebih cepat bisa menggunakan sintax mysql yg ada di ms. access, dan aplikasi untuk memasukkan database bisa dibuat dengan menggunakan microsoft visual basic enterprise. Saran ini di publish oleh Fuad Nur Hasan >> Bina Sarana Informatika Jakarta

    BalasHapus
  2. Pro AsamMasnisKu : Terima kasih banyak atas saran dan masukannya.. kami akan berusaha untuk belajar program mysql. Memang kami rasakan pemakaian Ms Excell untuk pengolahan database yang besar adalah sangat lambat..

    BalasHapus
  3. pengmbangan kinerja puskemas dapat di bantu dengan exel lebih mantap lagi kalau pake acces , :) sukses selalu untuk puskesmaskedu

    BalasHapus
  4. mas minta aplikasinya ya...?
    sigitmiko@gmail.com

    BalasHapus
  5. Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh..Bisa minat tolong share aplikasiNya untuk keperluan laporan.bisa dikirim ke putrapetirr89@gmail.com

    BalasHapus
  6. Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh..Bisa minat tolong share aplikasiNya untuk keperluan laporan.bisa dikirim ke uptpkmbungsel@gmail.com

    BalasHapus
  7. Assalamualaikum... boleh saya dikirimkan aplikasinya untuk registrasi pasien di puskesmas... desiandrianovita@gmail.com terimakasih

    BalasHapus
  8. Assalamualaikum... boleh saya dikirimkan aplikasinya untuk registrasi pasien di puskesmas... maisunah715@gmail.com

    BalasHapus