Puskesmas Kedu Jl. Raya Kedu No. 4 RT 06 RW II Kecamatan Kedu Kabupaten Temanggung Jawa Tengah Kode Pos 56252 Telpon : (0293) 4902285

Senin, 08 Maret 2010

Keamanan Pasien.. Sudahkah kita utamakan..?


Foto ini kami ambil pada tanggal 28 Mei 2009 jam 06.45 WIB di warung makan depan sebuah Puskesmas Rawat Inap. Tampak seorang Ibu sedang menggendong anak kecil berumur sekitar 2 tahun dengan terpasang infus di tangan kananya, menangis minta dibelikan sesuatu dari warung tersebut, sedangkan sang Ibu memegang pipa besi sebagai penyangga infus.
Dari dekat kami lihat cairan infus sudah tidak menetes lagi, sedangkan selang infus yang menempel pada tangan kanan sang Anak tampak berwarna merah berisi darah. Sebagai seorang Dokter yang setiap hari berhadapan dengan pasien.. terbersit beberapa pertanyaan :
1. Bagaimana bisa seorang pasien dengan leluasa keluar dari lingkungan Puskesmas Rawat Inap tanpa pengawasan..?
2. Bagaimana bila ada seseorang yang memasukkan sesuatu ke dalam cairan infus pasien tanpa diketahui oleh Petugas Jaga..?
3. Bagaimana dengan cairan infus yang tidak menetes dan keluarnya darah ke dalam selang infus..?
Ahh.. inilah sisi lain pelayanan kesehatan yang kita punya.. yang kita lakukan.. sudah adakah standar operasional dan prosedur pelayanan di tempat kita.. bila sudah ada, sejauh mana kita melaksanakannya..
Bangunlah wahai saudaraku sejawat sekalian.. tingkatkan kualitas pelayanan kita secara profesional.. masyarakat membutuhkan karya nyata kita.. Semoga Allah meridhoi langkah kita.. Amin.

1 komentar:

  1. Mudah2an puskesmas kedu tetap menjaga pelayanan sebaik mungkin,dan bisa dijadikan tolok ukur bagi puskesmas lain,karena rata2 pasien puskesmas golongan tdk mampu,yg sngat membtuhkan bantuan kesehatan..,maju terus puskesmas kedu!!

    BalasHapus